Mengatasi Auto Tweet dan Retweet

Gambar di atas adalah retweet otomatis yang memakai akun twitter saya @zulhamyusuf, padahal secara sengaja saya tidak pernah merasa me-retweet berita-berita tersebut. Saya sempat berpikir akun twitter saya sedang diretas. Hmm, aneh juga, wong saya bukan orang penting dan terkenal, kenapa hacker begitu peduli dengan akun saya, apalagi saya tidak punya folower banyak.

Saya merasa kurang nyaman dengan kasus tersebut, untuk menghentikan auto retweet itu, saya mengganti password twitter, namun cara ini tidak efektif, auto retweet masih saja berlangsung dengan sendirinya. Yang lebih parah bukan hanya auto retweet, tweet otomatis juga dipakai memakai akun twitter saya. Contohnya seperti ini:
Saya yang akhir-akhir ini jarang mengupdate tweet, merasa aneh dengan kicauan otomatis yang mejeng di timeline akun twitter saya itu. Tweet otomatis itu bertema ragam, tentang wisata, artis, bahkan bernada vulgar, untungnya tweet otomatis tersebut bisa dihapus, sedangkan retweet otomatis tidak bisa dihapus. Saya mencari informasi di google, ternyata keanehan tersebut bermula saat saya tak sengaja mengauthorize sebuah aplikasi liar yang tidak sehat.

Akun twitter saya ternyata tidak diretas atau dibajak melainkan menjalankan sebuah aplikasi yang terhubung dengan akun twitter. Aplikasi tersebut, secara tak sengaja kita klik karena tertarik dengan informasi tidak jelas. Akhirnya aplikasi tersebut terhubung dengan akun twitter kita dan biasanya akan meretweet link-link berita secara otomatis. Jadi berhati-hatilah saat menghubungkan twitter dengan aplikasi tak jelas, seperti ini.

Setelah mengklik icon Authorize app, maka kita mengizinkan aplikasi tersebut mengakses akun twitter kita secara tidak sehat. Untuk menghentikan auto tweet dan retweet itu ternyata sangat sederhana.

1. Login ke twitter dan klik settings and help (icon gear) di atas kanan lalu pilih menu settings.

2. Di list menu sebelah kiri klik Apps.

3. Sebelah kanan akan tersaji beberapa aplikasi yang telah kita hubungkan dengan twitter, lihat aplikasi yang mencurigakan dan tidak dikenal, lalu klik Revoke access. Selesai, refresh browser.

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa

Keren! Cewek Aceh Nyanyi Hip Hop