Jazz Itu Semangat

Ketika musik Jazz bertajuk Klinik Jazz, sedang menggema di Gedung Gelanggang Mahasiswa Unsyiah pada Sabtu, 8 Juni 2013 lalu, saya datang terlambat. Ketika merapat diri ke dalam ruang yang di penuhi ratusan muda-mudi tersebut, jiwa saya goyah. Petikan gitar, bass, dentuman drum, dan ketukan piano yang di bawakan Milky Way, band anak muda khusus beraliran Jazz, berjudul Tarek Pukat, membuat saya takjub. Jazz itu asik, saat menikmatinya saya terbuai dalam semangat, bukan sekedar hiburan.

"Jazz Sangat cocok dengan karakter orang Aceh, Jazz memberikan freedom spirit, semangat kebebasan yang besar kepada pemainnya. Jazz membuka ruang lebar untuk kolaborasi dengan musik lain.”kata Agam Hamzah yang saya kutip di acehmusician.org. Agam Hamzah salah satu pemusik Jazz yang berasal dari Aceh. Selain Agam Hamzah, Klinik Jazz yang di adalah oleh Atjeh Jazz Organizer tersebut juga menghadirkan Dwiki Dharmawan, Adi Dharmawan, Gerry Herb, dan Milky Way.

Saya sangat menyesal datang terlambat, sempat mengutuk diri betapa bodohnya saya. Memang saya juga terlambat berjodoh dengan Jazz. Padahal, musik seperti ini yang saya cari-cari. Norah Jones, pemusik Jazz yang paling saya favoritkan. Suaranya yang aduhai sering saya putar di iTunes, apalagi saat sedang menyelesaikan tugas di kantor. Saya merasa musik Jazz turut menyumbang beberapa ide dalam pekerjaan saya.

Beberapa hari yang lalu, saat teman saya, Joe Samalanga mengontak, meminta mendesain poster Jazz, saya kegirangan. Betapa tidak saya bakal menikmati kembali musik indah nan eksotis itu, bukan kebanyakan seperti musik pop melo dan cengeng tak bermutu, musik seperti ini menjatuhkan semangat, membuat para galauers semakin galau. Saya sangat menyarankan, sesekali mereka menikmati jazz, barangkali ada energi disana.

Joe mengatakan kepada saya di Banda Aceh, tepatnya di Gedung Dayan Dawood Universyitas Syiah Kuala pada 7 Desember 2013 nanti bakal hadir kembali pemusik Jazz nasional, seperti Adi Dharmawan, Agam Hamzah, Gerry Herb, Elanda Yunita dan Daud Debu. Sedangkan Dwiki Dharmawan dan Milky Way tidak hadir dalam acara yang di gelar Hipemagas tersebut. Nah hebatnya pemusik jazz bernama Farabi All Stars itu bakal berkolaborasi dengan tarian Saman Gayo. Wah ini sebuah pertunjukan terbaru, pasti lebih hebat dan menghibur, semoga saya tak terlambat lagi.

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa

Keren! Cewek Aceh Nyanyi Hip Hop