Kenapa Blogspot?

Kredit: albertvalero.com
Saya baru saja memindahkan semua postingan blog di alamat zulham.com ke alamat blog ini zulhamyusuf.blogspot.com, untuk sekarang dan seterusnya barangkali saya akan lebih memerhatikan blog ini lalu mengupdate berkala sesuai ide yang ada.

Kenapa saya memilih mengimpor postingan ke blogspot? bukan ke wordpress seperti layanan blog yang saya pakai di blog zulham.com.
Yang pasti bukan seperti kebanyakan wanita suka Raffi Ahmad karena handsome, hehe. Tapi karena blogspot milik sang raksasa dunia maya, Google Inc. Perusahaan yang dibesarkan oleh mesin pencari ini, punya fasilitas lengkap dengan hanya memiliki satu akun email.
Akun saya zulham.ys@gmail.com, merupakan tempat surat menyurat sehari-hari, dengan email itu pula, saya di fasilitasi aplikasi Google Inc lainnya, ada Youtube media penyimpanan video, Google Drive sebagai penyimpanan data, dan Google Plus sebagai media interaksi.

Blogspot layanan gratis yang juga  milik Google Inc ini, sangat berguna untuk saya melepas buah pikiran dan tempat belajar mengolah kata. Belum lagi segudang fasilitas lain yang sangat membantu pengguna online. Dengan satu layanan maka di untungkan dengan layanan lain yang saling terhubung. 

Yang menjadi poin penting Blogspot adalah selain saudara dengan mesin pencari google.com, juga sama-sama di bawah naungan Google Inc, saya kira, tentu mesin pencari google.com akan mengutamakan postingan-postingan yang ada di blogspot di tempat strategis hasil pencarian, cukup menguntungkan bukan?

Selain itu, blogspot juga akan berumur panjang, beda dengan domain berbayar seperti blog saya zulham.com, apabila tak terbayar saat tanggal jatuh tempo, maka halaman blog akan hilang dari dunia maya. Tentu ini akan kacau apalagi terjadi ditengah meningkatnya trafik pengunjung.

Memang, memiliki domain berbayar sendiri dengan nama favorit tentu akan lebih keren dimata pengunjung, punya rasa bangga ketika mengenalkan pada kawan blogger lain. Mudah dan leluasa mengatur Search Engine Optimation (SEO), dan menambahkan fitur dan tema favorit dengan mudah.

Nah, barangkali ketika seorang blogger menasbihkan diri sebagai full time blogger, bisa jadi domain berbayar lebih menguntungkan sebab lebih leluasa, namun blogger angin-anginan macam saya yang sesekali mengupdate blog, terlebih keuangan yang tak stabil, lebih baik pakai gratisan. Hehe

Ada satu keuntungan lagi ngeblog di layanan gratisan, yaitu domain gratisan bakal berumur panjang sebab ditopang perusahaan raksasa, maka karya kita di blog juga bakal panjang usia sejauh perusahaan itu bertahan. Sedang karya kita di blog berdomain bayar, akan hilang ketika jatuh tempo.

Lalu siapa yang akan meneruskan pembayaran ketika terjadi sesuatu pada blogger.? Maaf, meninggalkan bumi misalnya. Inilah alasan kuat yang membuat saya berpindah ke layanan blog gratis dan berharap karya sederhana saya bisa bertahan sejauh Google Inc berdiri.

Oh iya, ada alasan tertinggal kenapa saya pakai blogspot, saya punya akun Google Adsense untuk dimanfaatkan, sayang kalau terlantar, barangkali bisa menambah pundi-pundi dollar, tapi orientasi utama saya ngeblog bukan mengejar dolar, tapi mengasah kemampuan dalam karya tulisan. Hehe Keep Smile (kena efek goyang caisar) *tepok jidat.

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa

Keren! Cewek Aceh Nyanyi Hip Hop