Menjajal Myspace dan Soundcloud

Beberapa hari yang lalu saya bergabung di Myspace.com dan Soundcloud.com, dua media sosial yang fokus pada layanan musik. Menjajal dua situs ini seperti masuk di sebuah toko musik yang dindingnya di penuhi sampul kaset, di toko musiknya berbayar, kalau Myspace dan Soundcloud memanjakan telinga hanya dengan sekali klik dan gratis.
Myspace dan Soundcloud punya fitur beragam, yang paling saya suka Explore, fitur ini pengguna direkomendasi musik-musik terbaru hingga musik yang sedang populer, pengguna juga bisa menjelajah musik suka-suka sesuai kategori. Saya akhir-akhir ini sedang kesem-sem pada Jazz, selain enak didengar Jazz juga menumbuhkan energi.

Soundcloud sebenarnya penantang Myspace yang lebih dulu hadir di dunia layanan musik, Namun akhir-akhir Soundcloud lebih populer, website rangkingan, Alexa.com menempatkan Soundcloud di urutan 222 dan Myspace di urutan 391 pada 14 Juni 2013. Selain fokus memanjakan telinga pengguna, dua situs ini juga punya fitur interaksi layaknya Facebook, bisa menambah/mengikuti sesama user, update status, dan berkomentar.

Kabar terbaru datang dari Myspace.com, website yang berdiri tahun 2003 ini baru saja merombak habis-habisan tampilan antarmuka, lebih dinamis, darkness dan elegant, secara sekilas saya melihat tampilan baru situs pemegang saham terbesar oleh Justin Timberlake ini mirip desain Windows 8, berkotak-kotak dikenal dengan konsep Metro.

Lain lagi Soundcloud, situs yang didirikan di Jerman pada Agustus 2007 ini, di penuhi warna orange, tampilan antar muka yang nyaman dan asik memudahkan pengguna dalam mensajikan musik-musik yang siap dinikmati. Hebatnya Soundcloud menyediakan kode yang bisa ditanam di blog. Contohnya seperti di bawah ini.

[soundcloud url="http://api.soundcloud.com/tracks/94790737" params="" width=" 100%" height="166" iframe="true" /]

Jangan berharap pajangan musik di Myspace dan Soundcloud bisa disedot secara cuma-cuma, sebab dua situs ini diciptakan sebagai penyedia hosting untuk membantu para pencipta musik mengupload karya agar bisa dinikmati penggemarnya dan pengguna bisa menemukan nuansa musik baru sesuai seleranya, yang barangkali sudah bosan dengan koleksi musik di folder komputernya, seperti saya ini, hehe.

Tertarik berburu musik di Myspace.com dan Soundcloud? Atau anda sudah duluan disana? Hehe silaturrahmi ke  myspace.com/zulhamyusuf dan soundcloud.com/zulham-yusuf.

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa

Keren! Cewek Aceh Nyanyi Hip Hop