ABC, Wordpress 10th Anniversary dan Rp2 Juta

27 Mei 2013 hari ulang tahun Wordpress yang ke-10, saya salah satu pengguna dan pengagum wordpress di hari yang sama ikut memeriahkan bersama Aceh Blogger Community (ABC) bertempat di The Stone Coffee, Lampineung - Banda Aceh.

Acara berlangsung sekitar 90 menit berjalan dengan obrolan santai dan ringan. "Wordpress tak hanya menguntungkan penulis dengan layanan blog gratis, tapi bisa juga disulap menjadi ladang meraup rupiah" Ujar Fadli Idris, pengurus ABC.

Saya sependapat dengan Fadli, Wordpress bisa meraup rupiah hingga jutaan. Hal ini pernah saya rasakan sendiri. Medio Desember 2009 saya dipercayakan sebuah lembaga Aceh dipercaya mengelola sebuah blog dengan konten adat dan budaya.

WordPress-PartyWaktu itu saya sedang kuliah di semester 3, terpaksa absen mengurung diri dalam kantor, selama seminggu penuh membangun blog tersebut. Berbekal pengetahuan CMS Wordpress sejak duduk di bangku SMA, saya coding satu persatu kode-kode HMTL dan PHP dari nol dengan bantuan google, menjadi sebuah template/theme yang saya gunakan untuk blog tersebut.

Padahal, sebelumnya saya tak pernah membuat sebuah template wordpress dari nol secara khusus, hasil jerih payah yang penuh tantangan dan tak lupa juga sesekali menyebabkan stres itu, saya di bayar tunai Rp 2 juta. Angka yang cukup 'wah' sebagai seorang mahasiswa.

Sayangnya, blog lembaga di bawah pemerintah tersebut hanya bertahan satu tahun, dan kini sudah tidak online lagi. Lebih apes lagi, data-data saat membuat blog tersebut kini sudah hilang bersamaan dengan berakhirnya masa kerja saya di sebuah perusahaan media cetak. Saat pindah kantor saya tak ikut memindahkan data-data tersebut. Paling tidak screenshot template buatan pertama dan terakhir saya tersebut bisa saya tampilkan di blog ini.

Itulah penghasilan terbesar selama bergelut dengan Wordpress yang pertama kali saya kenal pada tahun 2008, tahun saat saya masih duduk di kelas tiga SMA, warung internet masih menjadi hal langka dan hanya ada satu-satunya di kampung halaman saya sendiri.

Happy 10th Anniversary Wordpress. :)

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa

Keren! Cewek Aceh Nyanyi Hip Hop