Cara Download Foto di Instagram

Screen Captured di Play Store
Salah satu aplikasi yang wajib terpasang di Android saya adalah Instagram. Media sosial berbagi foto dan video ini menjembatani hobi saya sebagai salah satu penyuka fotografi. Aplikasi fenomenal yang didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger ini mempunyai ratusan jutaan pengguna dengan jumlah foto sekitar 21,9 miliar lebih, jumlah ini meningkat setiap harinya.

Jumlah foto yang jika disusun mencapai tinggi gunung Everest itu tentu saja memnyimpan foto-foto berkelas dan menginspirasi, seperti @natgeo akun official National Geographic (NG). Foto-foto di akun NG menyuguhkan kehidupan alam semesta dengan apik, sangat sayang untuk dilewatkan. Tak hanya NG, masih banyak akun lain yang menyuguhkan hal serupa dengan sisi yang berbeda.

Saya lebih menyukai foto yang menyuguhkan sisi keindahan alam, perkotaan, dan seni budaya. Nah ketika menyusuri aplikasi yang di akuisisi Facebook seharga Rp9 triliun ini, tentu saja ada sebagian foto yang menarik untuk kita simpan. Sayangnya instagram tidak mempunyai tombol 'save'. Sebab instagram menjaga hak cipta pemilik foto agar tidak disalahgunakan.

Untuk mengakali tombol 'save' biasanya saya menggunakan fitur screen captured di Android, tentu saja sangat merepotkan, sebab menyesuaikan ukuran foto, harus mengedit ulang menggunakan fitur 'crop'. Bagaimana agar foto tersimpan sesuai dengan aslinya?. Saya menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Downloader for Instagram.

Downloader for Instagram dirancang untuk membantu Anda menyimpan gambar dan video di Instagram, aplikasi bisa di unduh gratis di Play Store. Aplikasi sederhana ini mudah digunakan, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka foto yang ingin disimpan Instagram, klik icon 3 titik menurun di bawah foto sebelah kanan, lalu klik "Copy Share URL"
2. Selanjutnya buka Downloader for Instagram pastekan link tersebut pada kolom 'URL'.
3. Klik 'Download', lalu klik tombol 'Download Picture', tunggu beberapa detik, foto tersimpan di Gallery dan siap dinikmati.

Pastikan foto yang telah di unduh di Instagram untuk dikoleksi secara pribadi, biasanya saya hanya menggunakan di display picture di BBM. Jangan mengupload ulang foto yang telah anda unduh, baik di Instagram ataupun media sosial lainnya, sebab hal ini melanggar hak kekayaan intelektual yang menyalahi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Ikuti juga akun instagram saya di http://instagram.com/zulhamyusuf

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa