Album Suara Serak

google
Kredit: Google.com
Saya tak tahu pasti kapan saya mulai batuk-batuk, saya menduga sudah dua minggu sejak 12 November sampai hari Minggu 25 November 2012. Ketika menulis tulisan ini, batuk yang membuat saya cukup menderita itu sudah keterlaluan, tak hanya batuk suara saya juga mulai serak, putus-putus saat berbicara seperti memutar kaset yang sudah uzur. Saya khawatir akan kehilangan suara.

Anehnya suara serak di mulut saya, terjadi saat hitungan menit. Ceritanya begini, setelah maghrib usai, saya makan nasi berkuwah asam keu'eung sambil bercengkerama dengan kawan-kawan, saat itu suara saya lancar-lancar saja, saya berbicara lepas, tapi sedikit beda seperti hari biasanya. Setelah selesai makan, saya minum secangkir kopi, selanjutnya saya duduk di depan komputer sambil online sana-sini.

Saat mengikuti lirik lagu yang saya putar di iTunes, ada yang beda dengan suara saya, bukannya bersuara lepas, malah kembang kempis dengan nada tak jelas, untuk membuktikan saya mencoba berbicara dengan teman satu ruangan yang sedang asyik online, duduk tepat di hadapan saya, diluar dugaan suara saya sudah tak jelas. Kawan saya itu terkejut, "Suara kamu kok macam monster" Katanya.

Saya mulai khawatir, berdasar informasi di google, saya hanya mengalami suara serak akibat batuk-batuk. Belum mendekati ciri-ciri radang tenggorokan yang saya takutkan, seperti perih atau sakit di tenggorokan saat menelan sesuatu. Tenggorokan saya baik-baik saja, nasi kuah masam keu'eung mendarat mulus melewati tenggorakan.

Blog biologid.blogspot.com melansir, suara serak dapat diatasi sendiri dengan beberapa hal berikut ini:

  1. Hemat suara (berbicaralah seperlunya saja)  dan kalau bisa batasi juga bisik-bisik, karena bisik-bisik akan menegangkan pita suara seperti halnya ketika berbicara).

  2. Minum banyak air hangat yang tidak mengandung kafein agar tenggorokan anda tetap basah.

  3. Hindari membersihkan tenggorokan

  4. Berhentilah merokok (bagi yang merokok) dan hindari asap rokok. Rokok dapat mengeringkan tenggorokan dan mengiritasi pita suara anda.

  5. Berhentilah minum alkohol (bagi yang suka minum) karena bisa membuat tenggorokan kering dan mengiritasi pita suara anda.

Berdasarkan poin diatas, saya menduga, suara serak yang hilang dalam beberapa menit itu, disebabkan aliran kafein yang saya minum usai makan asam keu'eung. Oh ya, saya juga perokok, untuk menjalani masa pemulihan suara normal, saya berhenti menggunakannya, untuk sementara saya mengikuti dulu anjuran poin diatas. Kalau belum ada perubahan ke arah normal dalam beberapa hari dan minggu, maka saya akan mengikuti anjuran dokter.

Sekian dulu saya mau putar album Suara Lainnya band Noah di iTunes, barangkali dengan suara lainnya, suara serak versi 'album' saya, siapa tahu, kembali normal.

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa

Keren! Cewek Aceh Nyanyi Hip Hop