Agar Blog Dicintai Mesin Pencari

Tak sedikit, kawan-kawan saya yang gemar ngeblog, ternyata blognya tidak masuk dalam mesin mencari google, artinya ketika seseorang mengetik kata kunci tertentu, google tidak memprioritaskan alamat blog kita muncul di halaman pertama mesin pencarian, padahal kata kunci tersebut terpendam dalam konten blog.

Nah ini menjadi masalah bagi seorang blogger pemakai domain gratis blogspot/blogger seperti saya. Bagaimana tidak, ketika seorang blogger rajin mengupdate sebuah tulisan, blognya tidak pernah muncul di mesin pencarian, ini berarti blog tersebut tidak dicintai google, terabaikan dari mesin pencari.

Nah, bagaimana agar blog kita dicintai google? Terlebih dahulu saya harus mengatakan bahwa saya bukan pakar dalam bidang ini, dengan kata lain namanya Search Engine Optimization (SEO). Saya hanya mencoba menegur seorang blogger yang gemar mengupdate postingan tapi mengabaikan SEO dalam blognya. Jika Anda blogger yang tahu betul tentang SEO, jangan lanjutkan membaca postingan ini.

Nah, cara yang paling utama dan mudah adalah anda harus membiasakan diri mencari informasi tentang SEO di google, rajin-rajin bereksperimen, seperti mencari tutorial-tutorial yang banyak berseliweran. Sekali lagi saya harus mengatakan SEO sangat perlu, tanpa SEO sebuah blog seperti hantu di lalulintas mesin pencari, ada tapi tidak nampak. Mengandalkan media sosial seperti facebook dan twitter, tidak cukup. Hal ini barangkali berlaku untuk semua platform blog tidak terkecuali blogspot.

Selanjutnya seorang pengguna blogspot harus membiasakan berkenalan dengan bahasa HTML, sebab saat mengoptimalisasi blog nantinya, blogger bakal bergelut dengan bahasa HTML tersebut, jika seorang blogger pemula tak salahnya meminta bantuan sama blogger yang sudah mengenal dengan trik menaikkan trafik pengunjung tersebut, sebab sekali lagi SEO itu sangat penting, selemah-lemah iman seorang blogger, SEO itu harus ia ketahui dan pelajari.

Barangkali selain mengetuk hati agar lebih mementingkan SEO, saya punya punya beberapa, sebut saja tips, yang mungkin bisa dipelajari untuk lebih mengenal SEO. Pertama, melihat persentase atau skor SEO sebuah blog. Caranya klik http://chkme.com, masukkan alamat blog, klik Check SEO Score.



Hasilnya akan muncul seperti dibawah ini. Contoh dibawah ini alamat blog saya mempunyai skor 70%, artinya saya harus belajar menseokan blog saya agar skor mencapai batas standar minimal 80%. Hehe. Ingat, Chkme ini bukan sebuah trik menaikkan pengunjung melainkan hanya mengukur seberapa besar blog kita punya nilai dalam mesin pencari.

Semakin tinggi nilai persentase alamat blog, maka semakin besar
blog kita mudah ditemukan dalam mesin pencari, semisal google, bing, dan yahoo.

Jika skor blog dibawah 80% apalagi lebih rendah dari 60% maka anda harus segera berhias blog agar SEO, supaya dicintai mesin pencari. Sebab bakal sangat merugikan sebuah blog yang sarat segudang konten bermanfaat dan menarik, tapi tidak di unggulkan oleh mesin pencari.

Sebenarnya mengoptimalisasi blog agar SEO 100% sangat mudah. Jika mengetikkan "Tips SEO Blogspot" di mesin pencarian google, akan muncul seabrek tutorial yang siap disantapi. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Blog Juragan, blog ini membahas tutorial yang sangat mudah diikuti, bahkan untuk saya sering belajar SEO blog tersebut.

Jika suguhan blog juragan, kurang Anda pahami, coba mengikuti tutorial-tutorial SEO yang banyak tersedia di mesin pencari, google salah satunya akan sangat senang membantunya. Selamat belajar, semoga blog Anda makin disayangi di mesin pencari. :)

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa

Keren! Cewek Aceh Nyanyi Hip Hop