Menebar Virus #GoBlog di Atas Rumput

Sedang berdiskusi. (Foto Makmur Dimila)
KETIKA melihat pesan ajakan diskusi soal blog di seluler, saya antara senang dan gusar. Senang karena saya punya kesempatan untuk belajar dan berbagi ilmu. Gusar, ilmu yang saya kantongi belum cukup untuk saya bagikan. Apalagi, saat sharing nantinya, kawan-kawan tidak mengerti dan sulit mencerna maksud yang saya sampaikan, bakal sia-sia. Terus terang saya merasa tidak pandai berbicara teori dan jarang jadi pemateri.

Sambil mengkhawatirkan hal itu, saya memikirkan kawan-kawan di Aceh Blogger Community (ABC), barangkali ada yang lebih layak menggantikan saya, berbagi ilmu #GoBlog bersama mahasiswa Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Kawan-kawan ABC, hanya nama Aulia Fitri pemilik blog OWL di aulia87.wordpress.com yang muncul di pikiran. Sebab saya pernah bekerja sama dengannya.

Namun Aulia tidak mungkin diajak, setahu saya blogger asal Bireuen itu sedang berada di luar daerah, bukan di wilayah Banda Aceh. Kawan-kawan ABC lainnya, kurang akrab dan merasa segan untuk diajak. Jadi saya beranikan diri saja, berniat berbagi, menepis gusar jauh-jauh. Toh, saya tidak sendiri, tapi mendampingi Makmur Dimila, si pemilik blog Koki Kata. Perjalanan blogger asal Pidie yang sudah memenangi beberapa lomba blog itu, paling layak berbagi ilmunya kepada beberapa mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah di semester enam itu.

Kami duduk lesehan di sebuah taman yang tak jauh dari kampus Unsyiah yang beralamat di Darussalam, Banda Aceh, Sabtu 29 Maret 2014 sore. Menariknya kami berbagi ilmu beralaskan rumput di ruang terbuka, kekhawatiran saya seperti hilang, di tepis hembusan angin yang melintasi kami, saat duduk melingkar. Saya tidak teringat kicauan burung, tapi mereka ada diatas pohon.

Mahasiswa itu sedang mengikuti mata kuliah Grafika dan Publisitas yang diasuh oleh dosen mereka Pak Mahyuzar. Saya menaruh bangga sama Pak Mahyuzar, ia tidak mengasuh mata kuliah itu sendiri. Dia mengajak rekannya Mellyan Nyak Man, yang merupakan senior saya di kampus. Dan Kak Melly yang mengirim pesan ajakan ke seluler Saya dan Makmur, ikut berdiskusi bersama mahasiswa.

Mahasiswa di bagi dua kelompok, Saya dan Makmur berdiskusi tentang kelompok yang menyukai blog dan fotografi, sedang Kak Melly dan Pak Mahyu berdiskusi dengan mahasiswa yang bergabung dengan kelompok yang fokus membahas soal penulisan Pers Realease.

Dengan ilmu seadanya, saya menebar virus soal pemuda yang perlu melahirkan sebuah karya di blog, baik itu tulisan, foto atau video. Saya berusaha memilih bahasa yang baik dan benar, menyampaikan diskusi dengan tidak tidak terlalu menggurui. Saya masih merasa khawatir, takut dikira sok. Umur saya dan mereka tidak berbeda jauh hanya berjarak sekitar tiga tahunan. Apalagi saya berbicara dengan status mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi, sedang Makmur adik leting saya di kampus, dia seorang fresh graduate. #MerasaMalu :).

Makmur berbagi cerita tentang berkah ngeblog. Selain tempat berbagi karya, blog bisa dijadikan ajang untuk mengikuti event, seperti memenangi lomba berhadiah gadget hingga jalan-jalan gratis mengelilingi kota-kota besar. Makmur ngobrol dengan semangat, sebab dia pernah mencicipi bagaimana rasanya memenangi beberapa lomba blog. Terkadang saya cemburu juga ingin memenangi beberapa lomba menulis di blog, hehehe.

Saya melihat mahasiswa yang berdiskusi dengan kami punya potensi untuk melahirkan karya, mereka begitu semangat berbagi cerita. Saya berharap mereka bisa menjadi blogger yang melahirkan banyak karya, dan tentunya bisa menikmati berkah dari virus #GoBlog. Yang paling penting mereka memahami yang saya sampaikan. Semoga. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya. :)

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa

Keren! Cewek Aceh Nyanyi Hip Hop