SMS Penipuan

Modus penipuan via SMS sudah menjadi makanan sehari-hari bagi pengguna handphone, saya tak habis pikir kenapa penipu tersebut tega melakukan perbuatan yang merugikan orang lain.

Model penipuan via Handphone pun ada beragam, saya sendiri pertama kali di hubungi orang tak jelas yang mengatakan saya dapat uang tunai sekian juta. Saya beruntung tak tertipu karena sudah menduga berbau penipuan.

Lalu dihubungi oleh orang yang mengaku kawan dekat, penelepon ini sok kenal dan akrab yang tidak mengaku namanya sebelum kita menebaknya karena dipaksakan untuk mengenalnya dari suara. Yang ini saya hampir tertipu, setelah menganalisa dari pengalaman seorang kawan, saya tahu ini penipuan.

Penipu model sok kenal dan akrab ini pernah mengelabui seorang teman dekat saya berinisial MS, penipu mengaku tertangkap polisi dan membutuhkan pulsa untuk menyogok polisi. MS yang lugu yang mengira penipu itu adalah kawan, termakan rayuan untuk mengirim pulsa sebanyak Rp1.800.000

Sekarang penipuan yang paling populer adalah via SMS, model ini sering kali beraksi. Kita pengguna handphone sering kesal melihat SMS yang masuk dengan isi suruhan transfer uang ke rekening tertentu.

Penipuan Via SMS

Modus via SMS ada juga model kekeluargaan, pesannya beragam, seorang ibu butuh pulsa cepat, seorang istri hingga seorang anak juga sedang butuh pulsa eskpress.

Penipuan model rekening dan kekeluargaan tersebut belum ada korban yang saya jumpai, sebab saya kira pengguna handphone sudah cerdas, pertama saat masuk nomor tanpa identitas, lalu SMS berbau penipuan yang seringkali masuk, membuat pengguna sudah tahu lebih dulu.

Penipuan Via Pesan Singkat

Yang paling saya membuat heran, darimana mereka tahu nomor handphone kita, seandainya nomor yang sudah lama kita pakai ada banyak celah, sebab nomor handphone kita ada dimana-dimana. Nah nomor baru yang baru diaktifkan pun tak luput dari SMS penipuan ini. Hal ini saya belum tahu dan masih menjadi misteri.

Saya pikir perlu pencegahan untuk model seperti ini, kita memang tak bisa melarang dan mencegah penipu yang begitu terobsesi cepat punya uang secara instan dan merugikan orang lain. Yang kita perhatikan saya rasa lingkungan kita sendiri dengan memberi arahan untuk orang terdekat dan anak-anak yang rentan akan tertipu.

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa

Keren! Cewek Aceh Nyanyi Hip Hop