Merancang Huruf Bersama DGA


Huruf Script tulisan tangan saya.

Sebagai orang yang bergelut di bidang desain grafis, saya selalu memerhatikan sebuah huruf. Mata saya selalu tertarik dengan beragam jenis huruf yang tertera dimanapun, baik itu di koran-koran, pamflet pertokoan ataupun baliho dan spanduk di persimpangan jalan. Jika huruf yang digunakan bagus saya akan menikmatinya jika sebaliknya saya akan menghujat dalam hati.

Bagus dan tidaknya sebuah pemilihan huruf sangat tergantung pada desainer. Desainer harus jeli dan punya ilmu huruf atau tipografi, sebab setiap huruf punya arti dan makna. Pemilihan huruf dalam sebuah rancangan desain sangat penting, hal itu akan berpengaruh pada hasil desain. Pemilihan huruf yang baik akan membuat hasil rancangan enak dipandang.

Pemilihan huruf sebaiknya sesuai dengan rancangan yang ingin dibuat, misalnya penggunaan huruf pada desain bertema anak-anak berbeda dengan penggunaan huruf pada tema-tema serius semisal budaya dan politik. Penggunaan huruf bertema anak-anak menggunakan huruf yang berkesan asik dan ceria sesuai dengan kehidupan dunia anak-anak. Sebaliknya pada desain bertema politik sebaiknya menggunakan huruf yang berkesan lugas dan serius.

Ada beberapa klasifikasi huruf (font), secara umum ada Serif, Sans Serif, dan Script. Serif yaitu huruf yang mempunyai lentik, seperti Times New Roman, huruf blog ini juga menggunakan huruf serif. Sans Serif kebalikan dari serif, Sans artinya tanpa. Sans Serif huruf tanpa lentik di ujungnya, contohnya huruf Arial dan Helvetica. Script yakni huruf berbentuk tulisan tangan yang bersambung dan miring ke kanan.

Sudah lama saya berniat bisa merancang sebuah huruf. Beruntung Januari lalu saya mengikuti workshop membuat font bersama komunitas Desain Grafis Aceh (DGA). Dalam pembelajaran itu DGA mengenalkan cara membuat font jenis Script, font berbentuk tulisan tangan di kertas. Hasil rancangan di scan lalu di masukkan dalam aplikasi Adobe Ilustrator. Setelah mengatur garis dan ukuran selanjutnya di ekspor ke aplikasi Fontlab untuk dijadikan hasil akhir yang dapat digunakan komputer.


Popular posts from this blog

Ikan Sebelah, Makanan Sisa Nabi Musa